Jumat, 08 April 2016

Manfaat Air Legen (Ballo' Tanning) dari Pohon Lontar/Siwalan (Tala')




SYAM STORY - Apakah Anda pernah mendengar tentang Air Legen dari Pohon Lontar? Air Legen merupakan Air Nira hasil sadapan dari bunga pohon Lontar/Siwalan (Tala') jenis betina yang Air Niranya masih terasa manis (Ballo' Tanning) sebelum mengalami fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Jika Air Nira telah mengalami fermentasi maka Air Niranya mengandung alkohol yang sangat memabukkan dan dikenal dengan nama Tuak (Ballo' Kacci). Satu pohon Lontar/Siwalan (Tala') dapat menghasilkan sekitar 6 liter Air Nira dalam sekali sadap.


Buah Lontar atau yang lebih dikenal dengan nama buah Siwalan ini mempunyai tekstur yang mirip dengan Kolang Kaling. Memiliki daging buah berwarna putih bening, sedikit kenyal, manis dan berair. Bila agak tua daging buahnya lebih keras dan kenyal rasanya sepah. Sepintas rasanya mirip buah Kolang Kaling karena memang tanaman-tanaman itu termasuk dalam satu famili tumbuhan Monokotil (tumbuhan berbiji tunggal).


Daging buah ini lebih tebal seperti nata de coco, banyak digunakan sebagai campuran minuman segar daripada dimakan langsung. Tak hanya rasanya yang segar ternyata buah Lontar ini memiliki banyak Manfaat bagi tubuh karena mengandung berbagai Zat Gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Pohon Lontar/Siwalan ini pada umumnya tumbuh di wilayah Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Pohon ini terutama tumbuh di daerah-daerah kering. Di Indonesia, siwalan terutama tumbuh di bagian timur pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan pohon Siwalan dikenal dengan nama Pohon Lontara'/Tala' dan air nira hasil sadapannya disebut Ballo'. Pohon Siwalan mirip kelapa atau tanaman palem raja. Tingginya bisa mencapai puluhan meter melebihi pohon kelapa. Usia produktif bisa mencapai puluhan tahun. Tanaman yang bernama ilmiah Borassus Flabellifer ini memiliki daun yang lebar mirip kipas.


Buah Siwalan bergerombol dalam tandan sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7-20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. Berbiji tiga butir dengan tempurung yang tebal dan keras. Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue-kue atau untuk dibuat menjadi selai.


Daging buah Lontar muda yang transparan adalah sumber utama karbohidrat dan juga air. Untuk kadar Protein dan Lemak sendiri tergolong rendah dan memiliki jumlah Kandungan Serat yang sedikit.

KANDUNGAN AIR LEGEN

Setiap 100gr buah lontar terdapat kandungan nutrisi penting bagi tubuh Anda, diantaranya:


  • Kandungan Gizi Total gula 10,93
  • Gula reduksi 0,96
  • Protein 0,35
  • Nitrogen 0,056
  • pH 6,7-6,9
  • Specific gravity 1,07
  • Mineral sebagai abu 0,54
  • Fosfor 0,14Besi 0,4
  • Vitamin C 13,25
  • Vitamin B1 (IU) 3,9

Jenis pohon Siwalan ada dua macam, yang satu bunganya manggar seperti kelapa dan menghasilkan buah yang disebut buah Siwalan. Isinya seperti Kolang Kaling yang empuk, kenyal dan manis. Sedang pohon jenis lainnya hanya berbunga berbentuk sulur dan khusus dimanfaatkan untuk disadap getahnya menjadi Legen. Dua pohon jenis ini saling membutuhkan sehingga dapat berlangsung penyerbukan menghasilkan buah Siwalan yang kelak dapat ditanam menjadi pohon serupa.

Dari penyadapan bunga pohon Siwalan jenis perempuan yang bunganya berbentuk sulur diperoleh Air Nira yang dikenal juga sebagai Air Legen. Satu pohon Siwalan dapat menghasilkan sekitar 6 liter Air Nira.

Air Legen ini rasanya manis, tapi sayangnya tidak tahan lama karena dalam hitungan beberapa jam saja mengalami proses fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Proses penyimpanan yang tepat akan membuat Legen lebih tahan lama sampai 2 hari. setelah lebih dari 2 hari Air Legen akan mengandung alkohol dan menjadi sangat memabukkan yang kemudian dikenal dengan nama “tuak”. Sebaiknya segera Air Legen dikonsumsi setelah penyadapan agar tidak kelamaan dan akhirnya menjadi “tuak” yang memabukkan.

Air Legen mengandung cairan isotonis yang sanggup menggantikan keluarnya cairan tubuh melalui keringat. Menurut para ahli gizi dan pangan, Air Legen yang manis itu ternyata mampu Memperbaiki Fungsi Ginjal, Mengatasi Gejala Impotensi dan Meningkatkan Produksi Sperma. Makan buah Siwalan dan minum Air Legen bagi sebagian orang mampu Memulihkan Stamina yang mulai menurun. Daging buah Siwalan tua bisa juga diManfaatkan untuk obat Penyakit Kulit.

BEBERAPA MANFAAT AIR LEGEN UNTUK KESEHATANSEBAGAI MINUMAN ISOTONIC

Air Legen mengandung cairan isotonis yang mampu menggantikan keluarnya cairan tubuh yang keluar melalui keringat dan mengembalikan elektronik tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari – hari

MENJAGA KESEHATAN FUNGSI GINJAL

Legen yang dihasilkan dari pohon Siwalan dipercaya bisa menjaga kesehatan Fungsi Ginjal. Bahkan ada beberapa jenis Legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit Impotensi. namun anda perlu hati hati dalam memilih Air Legen pasalnya banyak juga penjual Air Legen yang telah mencampurnya dengan bahan lain, bukan Air Nira murni.

SEBAGAI OBAT LEVER

Bunga Siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit Lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

SEBAGAI OBAT KULIT (DERMATITIS)

Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (Dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.



Sumber: imedis.net dan wikipedia





Related Posts

Manfaat Air Legen (Ballo' Tanning) dari Pohon Lontar/Siwalan (Tala')
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silakan tinggalkan komentar yang santun