Rabu, 09 Maret 2016

Bunga-Bunganna Masamba Mekar Di "Mini Showfarm" Bantaeng


BANTAENG - Siapa yang pernah dengar lagu tembang kenangan tempo dulu berjudul "Bunga-Bunganna Masamba" yang populer di era tahun 60-70an? Bagi orang Sulawesi Selatan lagu itu tidak asing lagi, setelah lagu itu kembali dipopulerkan oleh penyanyi-penyanyi asal Makassar seperti Iwan Tompo.

Namun, di sini kita tidak membahas lebih jauh tentang lagu Bunga-Bunganna Masamba tersebut, tapi kita akan mengulas tentang Bunga Masamba yang sangat unik dan terkenal itu. Karena keunikan bunga Masamba dan punya sejarah tersendiri bagi orang Luwu, maka kota Masamba menjadi ibukota Kabupaten saat pembentukan Kabupaten Luwu Utara.


Menurut sejumlah sumber di kota Masamba, Masamba merupakan tanaman bunga yang tumbuh secara liar di daerah Masamba dan menghiasi halaman rumah masyarakat Masamba. Tanaman bunga yang dikenal dengan sebutan Bunga-Bunganna Masamba ini hanya ada dan tumbuh di daerah Masamba saja serta tidak ditemukan di daerah lainnya.

Konon kabarnya, tanaman Bunga-Bunganna Masamba ini tidak dapat tumbuh di luar Masamba dengan baik, tanpa menggunakan tanah dari daerah Masamba. Uniknya lagi, tanaman bunga-bunganna Masamba memiliki kembang yang dapat berubah-ubah warna sebanyak tiga kali, pertama berwarna ungu, lalu berubah menjadi hijau, kemudian menjadi pink. Keunikan lainnya, Bunga-Bunganna Masamba bermakna menggambarkan keelokan dan kecantikan wajah gadis-gadis Masamba.


Tanaman Bunga-Bunganna Masamba secara turun-temurun dibudidayakan masyarakat Masamba. Hanya saja jenis tanaman hias ini, saat ini nyaris punah dan terlupakan. Padahal tanaman bunga ini menjadi ikon Kota Masamba khususnya dan Kabupaten Luwu Utara pada umumnya. Hal tersebut melatar belakangi dimasukkannya pembudidayaan Bunga-Bunganna Masamba menjadi mata pelajaran Muatan Lokal pada seluruh sekolah di kabupaten Luwu Utara sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara. Dengan harapan, mudah-mudahan dengan dimasukkannya sebagai muatan lokal di semua sekolah menjadi titik awal kembalinya tanaman Bunga-Bunganna Masamba mekar dan bersinar lagi di taman halaman rumah masyarakat Masamba. Karena Bunga-Bunganna Masamba menjadi ciri khas dan sekaligus merupakan kearifan lokal kabupaten Luwu Utara yang dapat lebih mudah dikenal orang lain yang ada di luar daerah Luwu Utara. 


Kini, budidaya Bunga Masamba tersebut tidak hanya ada di daerah Masamba atau pun Kabupaten Luwu Utara secara umum. Rupanya Bunga Masamba ini sudah dibudidayakan juga di daerah kabupaten Bantaeng, tepatnya di Taman Mini Sulawesi Selatan "Mini Showfarm" yang terletak di Kampung Bangkengbonto, Desa Bontomarannu, Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Bunga Masamba ini salah satu jenis bunga yang menghiasi keindahan Mini Showfarm tersebut di antara puluhan jenis bunga indah lainnya.

Taman Bunga "Mini Showfarm" tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Selain terdapat berbagai jenis bunga yang tumbuh subur nan elok, juga bisa mendengarkan kicauan burung seperti umumnya pada alam perdesaan sangat memanjakan setiap pengunjungnya. Taman Bunga "Mini Showfarm" ini memang tidak seperti taman mini Indonesia Indah di Jakarta dan tidak seluas Kebun Raya di Bogor. Mini Showfarm ini juga belum memiliki banyak koleksi jenis tanaman bunga.


Namun, kawasan taman bunga "Mini Showfarm" yang berjarak sekitar 15-20 kilometer dari ibukota Kabupaten Bantaeng tersebut akan memukau setiap pengunjungnya mulai dalam perjalanannya dapat melihat dan menikmati panorama alam Bantaeng dan tumbuhan yang berada di sepanjang perjalanan menuju taman andalan Kabupaten Bantaeng tersebut. Setiap minggunya taman ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari Kabupaten Bantaeng maupun dari beberapa daerah sekitarnya seperti Jeneponto, Bulukumba dan Makassar. Taman bunga Mini Showfarm ini menjadi pilihan destinasi wisata favorit keluarga karena selain keindahan taman bunganya juga karena kesejukan udaranya yang berada di daerah pegunungan Lokal Bantaeng. Selain itu, terdapat tempat wisata lain di sekitarnya yang tak kalah menariknya seperti Loka Camp dan Kebun Wisata Muntea (Lannying). 


Pokoknya terasa belum sempurna liburan wisatanya di daerah Bantaeng sebelum mengunjungi destinasi wisata taman mini Sulawesi Selatan "Mini Showfarm" tersebut, dan juga tempat-tempat wisata lainnya yang ada di sekitar pegunungan Loka Kabupaten Bantaeng serta destinasi wisata pesisir pantai seperti wisata kuliner Pantai Seruni dan ekowisata Pantai Marina. So, tunggu apa lagi. Welcome... visit to Bantaeng.



Related Posts

Bunga-Bunganna Masamba Mekar Di "Mini Showfarm" Bantaeng
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silakan tinggalkan komentar yang santun